Minggu, 21 Maret 2010

Penambang Pasir Kali Pleret

kebutuhan manusia akan bangunan semakin lama semakin banyak. masyarakat banyak membutuhkan bahan bangunan seperti semen ,besi, pasir dan lain sebagainya. misalnya kebutuhan pasir sekarang ini sudah semakin mahal untuk daerah ketawang grabag sudah mencapai 650.000 / truk. padahal untuk membuat rumah sederhana membutuhkan lebih dari 10 truk pasir. belum lagi besi dan semen.
kebutuhan pasir semakin meningkat, hal ini ditunjukan sekarang ini jalan-jalan sudah dilakukan betonosasi untuk lebih mudah dalam perawatan. dan juga bahan aspal semakin berkurang.
di daerah ketawang ada seorang penambang pasir dikali pleret. tepatnta dari pasar grabag sebelum dusun peting desa ketawang. ada sungai yang mengalir dan banyak endapan pasir. namun kualitasnya tidak sebagus pasir dari merapi. masyarakat memanfaatkan untuk bahan bangunan yang sederhana seperti plester atau campuran pondasi. hal semacam itu dinilai lebih evisien dari pada membeli pasir dari tengkulak. di kali pleret digratiskan asal ada kemauan. namun efek dari itu belum begitu nyata. akankah kerusakan lingkungan akan terjadi, saya tidak tau. yang jelas kalau sekarang dinilai bagus karena akan mengurangi pendakalan sengai. mengingat kali pleret disebelah timur sangat dangkal. mobil mudah untuk memasuki area.
himbauan saya. jagalah lingkungan jangan sampai lingkungan rusak akibat ulah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarlah yang santun, terimakasih